Pertemuan 3 Tanggal 7 September 2021
Penerapan Pancasila dalam Konteks Berbangsa ( Bagian 1)
Sebelum memulai pembahasan lebih jauh, mari menilai diri
kita sendiri.
“Seberapa Pancasilakah kamu?” …………………………
Coba kalian bayangkan, apa alasan kalian mengisi angka persentase tersebut?
Sikap dan tindakan seperti apa yang kalian lakukan sehingga kalian menilai diri kalian mendapatkan angka tersebut?
Kita sering
kebingungan ketika diminta untuk menerapkan nilai-nilai Pancasila. Padahal,
sebagaimana kata Soekarno, Pancasila bukan sesuatu yang asing bagi bangsa
Indonesia. Sebaliknya, Pancasila digali dari nilai dan tradisi yang dimiliki
oleh bangsa Indonesia. Pancasila bukan sekedar dihafalkan. Logo Pancasila tidak
cukup hanya dicantumkan di surat-surat resmi kenegaraan, atau buku-buku.
Lambang Garuda tidak cukup hanya dipajang di kelas. Lebih dari itu, nilai-nilai
Pancasila harus kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena itu, ketika
melakukan refleksi apakah kalian menerapkan nilai-nilai Pancasila, maka
pertama-tama kalian perlu memahami isi diri masing-masing sila tersebut.
Beberapa pertanyaan kunci yang dapat kalian refleksikan terkait dengan penerapan
Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Tentunya, sejumlah pertanyaan lain dapat
dikembangkan sesuai dengan makna dari masing-masing sila tersebut
Sila 1 |
1.Apakah kalian telah menjalankan perintah agama/kepercayaan dan menjauhi larangan agama/kepercayaan? Perintah dan larangan di sini tidak
hanya terkait dengan aspek ibadah atau ritual, melainkan juga perintah dan
larangan dalam kehidupan sosial-bermasyarakat. 2. Apakah kalian dapat menghormati dan dapat bekerja sama dengan
kelompok agama/kepercayaan yang berbeda? 3. Apakah kalian dapat membantu teman kalian yang berbeda
agama/kepercayaan dalam melaksanakan ibadah secara nyaman? 4. Apa peran yang dapat kalian
berikan untuk menciptakan kerukunan antaragama/kepercayaan? |
Sila 2 |
1. Apakah kalian dapat menempatkan bahwa setiap manusia, apapun latar
belakang dan identitasnya, dalam posisi setara? 2. Apa yang telah dan akan kalian
lakukan jika salah satu dari teman, tetangga kalian atau bahkan orang asing
mengalami kesulitan? 3. Apakah kalian dapat menjalankan norma sosial-budaya yang berlaku
di sekitar kalian? 4. Apa kira-kira yang dapat kalian berikan jika salah satu/kelompok
manusia di negara lain mengalami kesulitan ? |
Sila 3 |
1. Sebagai peserta didik, kontribusi apa yang dapat kalian berikan
untuk menjaga persatuan di tengah kemajemukan bangsa? 2. Apa yang bisa kalian lakukan untuk menjaga keutuhan negara? 3. Apakah kalian dapat menempatkan produk dalam negeri sebagai
prioritas ketimbang produk luar negeri? 4. Apa yang dapat kalian
lakukan jika salah satu dari teman kalian terlibat tawuran dan permusuhan? 5. Apa yang bisa kalian
lakukan untuk menciptakan ketertiban dunia? |
Sila 4 |
1.Apakah kalian pernah memberikan usul, pemikiran, dan saran dalam
suatu kegiatan musyawarah? 2. Apakah yang akan kalian lakukan jika usulan/ide kalian tidak
diterima dalam suatu kegiatan musyawarah? 3. Apa yang akan kalian
lakukan jika keputusan musyawarah tidak sesuai dengan apa yang menjadi
kehendak kalian? 4. Apa yang akan kalian
lakukan jika kalian menjumpai orang atau sekelompok orang yang tidak
mendapatkan hak-haknya sebagai warga negara? |
Sila 5 |
1. Bagaimana cara kalian agar hak dan kewajiban kalian, baik sebagai
peserta didik, anggota keluarga ataupun generasi masa depan bangsa, dapat
dilaksanakan? 2. Apakah kalian dapat
memberikan hukuman/sanksi yang setimpal, baik kepada teman dekat maupun
kepada orang yang tidak dikenal? 3. Apa yang dapat kalian
lakukan untuk membantu teman kalian yang secara ekonomi lebih rendah dari
kalian? 4. Jika kalian laki-laki,
apakah kalian dapat bersikap adil kepada rekan kalian yang berjenis kelamin
perempuan? Sebaliknya, jika kalian perempuan, apakah kalian dapat bersikap
adil terhadap rekan kalian yang berjenis kelamin laki-laki? |
Setelah melakukan releksi diri tentang bagaimana penerapan
Pancasila dalam diri kalian, saatnya kita mencermati situasi sekitar kalian,
berpikir kritis, dan merefleksikan bagaimana penerapan nilai-nilai Pancasila
dalam kehidupan bermasyarakat. Kalian dapat menyebutkan contoh kegiatan
sehari-hari yang merupakan implementasi Pancasila dan yang bukan
Sumber PPKn-BS-KLS-X dan PPKn-BG-KLS X-1 SMA/SMK KELAS
X,Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Riset dan Teknologi RI Tahun 2021,Hatim Gazali,dkk
Tugas Pertemuan 3 Selasa 7 September 2021
Tugas ditulis dengan tulisan tangan difoto kirim lewat EMAIL diartiyulis@gmail.com) atau WA ( No minta wali kelas masing -masing) , atau dibawa pada saat luring dikumpul ke ruang guru
Tulis Identitas
Mapel PPKn
Nama :
Kelas :
Batas Terakhir pengiriman
tugas hari Jum'at pukul 07.00
Implementasi /penerapan nilai –nilai Pancasila
|
Contoh Kegiatan sehari –hari yang
merupakan implementasi /penerapan nilai –nilai Pancasila |
Sila ke satu |
Dalam
lingkungan keluarga: 1. 2. Dalam lingkungan masyarakat 1. 2. Dalam
lingkungan sekolah 1. 2. |
Sila kedua |
Dalam lingkungan keluarga: 1. 2. Dalam lingkungan masyarakat 1. 2. Dalam lingkungan sekolah 1. 2. |
Sila ketiga |
Dalam lingkungan keluarga: 1. 2. Dalam lingkungan masyarakat 1. 2. Dalam lingkungan sekolah 1. 2. |
Sila keempat |
Dalam lingkungan keluarga: 1. 2. Dalam lingkungan masyarakat 1. 2. Dalam lingkungan sekolah 1. 2 |
Kelima |
Dalam lingkungan keluarga: 1. 2. Dalam lingkungan masyarakat 1. 2. Dalam lingkungan sekolah 1. 2. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar