Senin, 06 September 2021

Penerapan Pancasila dalam Konteks Berbangsa ( Bagian 1)

 Pertemuan 3 Tanggal 7 September 2021


Penerapan Pancasila dalam Konteks Berbangsa  ( Bagian 1)


                    Sebelum memulai pembahasan lebih jauh, mari menilai diri kita sendiri.

                                              “Seberapa Pancasilakah kamu?” …………………………

Coba kalian bayangkan, apa alasan kalian mengisi angka persentase tersebut?

 Sikap dan tindakan seperti apa yang kalian lakukan sehingga kalian menilai diri kalian mendapatkan angka tersebut?

 Kita sering kebingungan ketika diminta untuk menerapkan nilai-nilai Pancasila. Padahal, sebagaimana kata Soekarno, Pancasila bukan sesuatu yang asing bagi bangsa Indonesia. Sebaliknya, Pancasila digali dari nilai dan tradisi yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Pancasila bukan sekedar dihafalkan. Logo Pancasila tidak cukup hanya dicantumkan di surat-surat resmi kenegaraan, atau buku-buku. Lambang Garuda tidak cukup hanya dipajang di kelas. Lebih dari itu, nilai-nilai Pancasila harus kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena itu, ketika melakukan refleksi apakah kalian menerapkan nilai-nilai Pancasila, maka pertama-tama kalian perlu memahami isi diri masing-masing sila tersebut. Beberapa pertanyaan kunci yang dapat kalian refleksikan terkait dengan penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Tentunya, sejumlah pertanyaan lain dapat dikembangkan sesuai dengan makna dari masing-masing sila tersebut


Sila 1

1.Apakah kalian telah menjalankan perintah agama/kepercayaan dan menjauhi larangan agama/kepercayaan?

 Perintah dan larangan di sini tidak hanya terkait dengan aspek ibadah atau ritual, melainkan juga perintah dan larangan dalam kehidupan sosial-bermasyarakat.

2. Apakah kalian dapat menghormati dan dapat bekerja sama dengan kelompok agama/kepercayaan yang berbeda?

3. Apakah kalian dapat membantu teman kalian yang berbeda agama/kepercayaan dalam melaksanakan ibadah secara nyaman?

 4. Apa peran yang dapat kalian berikan untuk menciptakan kerukunan antaragama/kepercayaan?

 

Sila 2

1. Apakah kalian dapat menempatkan bahwa setiap manusia, apapun latar belakang dan identitasnya, dalam posisi setara?

 2. Apa yang telah dan akan kalian lakukan jika salah satu dari teman, tetangga kalian atau bahkan orang asing mengalami kesulitan?

3. Apakah kalian dapat menjalankan norma sosial-budaya yang berlaku di sekitar kalian?

4. Apa kira-kira yang dapat kalian berikan jika salah satu/kelompok manusia di negara lain mengalami kesulitan ?

 

Sila 3

1. Sebagai peserta didik, kontribusi apa yang dapat kalian berikan untuk menjaga persatuan di tengah kemajemukan bangsa?

2. Apa yang bisa kalian lakukan untuk menjaga keutuhan negara?

3. Apakah kalian dapat menempatkan produk dalam negeri sebagai prioritas ketimbang produk luar negeri?

 4. Apa yang dapat kalian lakukan jika salah satu dari teman kalian terlibat tawuran dan permusuhan?

 5. Apa yang bisa kalian lakukan untuk menciptakan ketertiban dunia?

 

Sila 4

1.Apakah kalian pernah memberikan usul, pemikiran, dan saran dalam suatu kegiatan musyawarah?

2. Apakah yang akan kalian lakukan jika usulan/ide kalian tidak diterima dalam suatu kegiatan musyawarah?

 3. Apa yang akan kalian lakukan jika keputusan musyawarah tidak sesuai dengan apa yang menjadi kehendak kalian?

 4. Apa yang akan kalian lakukan jika kalian menjumpai orang atau sekelompok orang yang tidak mendapatkan hak-haknya sebagai warga negara?

 

Sila 5

1. Bagaimana cara kalian agar hak dan kewajiban kalian, baik sebagai peserta didik, anggota keluarga ataupun generasi masa depan bangsa, dapat dilaksanakan?

 2. Apakah kalian dapat memberikan hukuman/sanksi yang setimpal, baik kepada teman dekat maupun kepada orang yang tidak dikenal?

 3. Apa yang dapat kalian lakukan untuk membantu teman kalian yang secara ekonomi lebih rendah dari kalian?

 4. Jika kalian laki-laki, apakah kalian dapat bersikap adil kepada rekan kalian yang berjenis kelamin perempuan? Sebaliknya, jika kalian perempuan, apakah kalian dapat bersikap adil terhadap rekan kalian yang berjenis kelamin laki-laki?

 

 

 

 

 

 

Setelah melakukan releksi diri tentang bagaimana penerapan Pancasila dalam diri kalian, saatnya kita mencermati situasi sekitar kalian, berpikir kritis, dan merefleksikan bagaimana penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat. Kalian dapat menyebutkan contoh kegiatan sehari-hari yang merupakan implementasi Pancasila dan yang bukan

 

Sumber PPKn-BS-KLS-X dan PPKn-BG-KLS X-1 SMA/SMK KELAS X,Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  Riset dan Teknologi RI Tahun 2021,Hatim Gazali,dkk

Tugas Pertemuan 3 Selasa 7 September 2021  

Tugas ditulis dengan tulisan tangan difoto kirim lewat EMAIL diartiyulis@gmail.com) atau WA ( No minta wali kelas masing -masing) , atau dibawa pada saat luring dikumpul ke ruang guru 

Tulis Identitas 

Mapel PPKn

Nama : 

Kelas :

Batas Terakhir  pengiriman tugas hari Jum'at pukul 07.00

 Implementasi /penerapan nilai –nilai Pancasila

Contoh Kegiatan sehari –hari yang merupakan implementasi /penerapan nilai –nilai Pancasila

Sila ke satu

              Dalam lingkungan keluarga:

1.

2.

      Dalam lingkungan masyarakat

1.

2.

       Dalam lingkungan sekolah

1.

2.

Sila kedua

         Dalam lingkungan keluarga:

1.

2.

        Dalam lingkungan masyarakat

1.

2.

        Dalam lingkungan sekolah

1.

               2.

Sila ketiga

        Dalam lingkungan keluarga:

1.

2.

        Dalam lingkungan masyarakat

1.

2.

         Dalam lingkungan sekolah

1.

2.

Sila keempat

         Dalam lingkungan keluarga:

1.

2.

        Dalam lingkungan masyarakat

1.

2.

         Dalam lingkungan sekolah

1.

               2

Kelima

        Dalam lingkungan keluarga:

1.

2.

        Dalam lingkungan masyarakat

1.

2.

         Dalam lingkungan sekolah

1.

 2.

 

           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi ke IV Negara Kesatuan Republik Indonesia / NKRI

Mapel Pendidikan Pancasila Kelas X TP3,TKR, TSM Materi ke IV Negara Kesatuan Republik Indonesia / NKRI   Unit  1. Faham Kebangsaan, Nasional...